Damon System : Passive Self-Ligating Brackets


Generasi terbaru sistem ortodontik modern
- Lebih sedikit atau tidak diperlukan pencabutan
- Waktu perawatan lebih cepat
- Pasien lebih nyaman
- Lebih sedikit piranti yang diperlukan
- Prosedur invasif (RPE/Rapid Maxillary Expantion, bedah)sangat minimal

Filosofi Damon menyadari bahwa membatasi diagnosa hanya pada cephalometri jaringan keras akan mengabaikan simetri jaringan lunak.
Mencapai keseimbangan wajah yang terbaik harus dicapai bersamaan dengan tujuan perawatan konvensional (tidak hanya gigi rata saja).

Sistem Damon memberikan sistem mekanika yang unik - sistem pasif - yang memberikan gaya yang ringan (low-force) untuk bekerja sama dengan otot-otot wajah, lidah, tulang dan jaringan.

Gaya ringan ini meminimalkan ketidaknyamanan dan membuka lebar-lebar tipe kasus yang bisa dirawat dan mencapai wajah yang simetris tanpa perlu pencabutan atau ekspansi berkekuatan tinggi (RPE/Rapid Palatal Expantion).

MENGAPA SISTEM DAMON ?

Sistem Damon lebih dari braket self-ligating yang biasa.
Sistem ini menggunakan kombinasi
- braket self-ligating pasif,
- wire berteknologi tinggi,
- perawatan dengan tingkat invasif (RPE, pencabutan atau bedah) yang minimal
- sistem low-friction dan low-force.

Penelitian menunjukkan bahwa gaya ortodontik yang optimum harus cukup besar untuk menstimulasi pergerakan gigi tanpa memotong suplai vaskular di ligamen periodontal.
Sistem Damon didesain untuk membantu dokter mengoptimalkan gaya ringan ini pada semua fase perawatan.
Low-force bersama dengan low-friction ini memberikan gigi bergerak lebih bebas sehingga dapat menghasilkan hasil yang lebih baik dengan waktu perawatan yang lebih singkat dibanding perawatan ortodontik konvensional.
Selain itu low-force juga memberikan kenyamanan yang lebih baik pada pasien.

Self-Ligation Pasif dikombinasikan dengan gaya ringan yang konstan sepanjang perawatan bekerja sama dengan otot wajah menghasilkan efek lip-bumper pada insisif atas dan bawah, sehingga bukannya insisif yang bergerak ke labial, melainkan ekspansi posterior-lah yang dihasilkan sistem ini.
Hasil perawatan dengan Sistem Damon memperlihatkan lebar inter-molar (transversal) bertambah bermakna.
Inilah sebabnya lebih sedikit diperlukan prosedur invasif seperti pencabutan, bedah atau ekpansi palatal seperti pada ortodontik konvensional.


Pada kasus ini lebar intermolar bertambah 14 mm(dari www.ormco.com)

Sistem Damon dengan hanya self-ligating pasif juga memberikan alignasi dan torque yang lebih baik daripada braket konvensional.
Selain itu, tidak hanya meratakan gigi lebih cepat tapi sistem ini juga menjaga gigi tetap tertata lebih baik selama penutupan space daripada menggunakan ligature tie atau bracket aktif sehingga tidak diperlukan perataan ulang dengan NITI pada saat space sudah tertutup.

Thankz,

Blogger Tricks